Selasa, 26 Januari 2016

Analisis Iklan "Tropicana Slim"

Analisis Iklan
“ Tropicana Slim “




Tropicana Slim adalah nama merek produk dagang asli Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Susu dan makanan ini dirilis pada tahun 1978 dan sejak dulu sangat konsisten dikonsentrasikan untuk kontrol dan pencegahan diabetes. Produk yang disediakan sangat beragam mulai dari pemanis rendah kalori, susu, hingga bahan-bahan untuk memasak. Produk susu dan makanan ini juga memiliki nutrisi yang paling lengkap.

Tapi disini kita akan membahas tentang iklan dari salah satu produk Tropicana Slim. Ingat kah dengan iklan ini?



Ini adalah iklan Tropicana Slim yang dibuat pada 6 November 2011. Iklan ini bercerita tentang seorang anak dan ayahnya, dimana anak tersebut ingin sekali menjadi ayahnya sampai-sampai semua kegiatan dan hobi yang  ayahnya lakukan juga ikut dilakukan oleh si anak. Ayahnya suka sekali makan makanan manis, dan suatu hari ayahnya terkena diabetes dan untuk pertama kalinya anak tersebut tidak ingin menjadi seperti ayahnya. Lalu, ada tulisan “Keturunan Diabetes 6x lebih beresiko”. Dan keluarlah produk Tropicana Slim rendah gula tersebut, yang satunya Classic dan yang satunya lagi Diabetes lalu dituang ke dalam cangkir. Lalu, mereka mengatakan dapat menikmati manisnya hidup dengan tahan lama, dan slogan yang mereka pakai diakhir iklan adalah “Sweet Moment Last Longer” yang artinya “Saat Manis Lebih Lama”.

Iklan ini mengajak para penonton agar tidak menjadi penderita Diabetes, dan memakai produk Tropicana Slim yang gula rendah ini. Dan iklan ini dibuat agar para penonton sadar bahwa Diabetes adalah penyakit yang akan dibawa oleh keturunannya. Tapi, ada dua jenis gula yang dipakai di dalam iklan, yaitu Classic dan Diabetes. Tropicana Slim Classic diperuntukkan bagi orang yang tidak terkena Diabetes untuk mencegah mereka terkena Diabetes. Sedangkan Tropicana Slim Diabetes diperuntukkan bagi si penderita Diabetes.

Iklan ini diperuntukkan bagi manula dan orang dewasa. Karena, kebanyakan yang terkena penyakit Diabetes ini adalah manula dan orang dewasa. Kira-kira dari seumuran anak-anak sampai umur 40 tahunan keatas bisa terlihat bahwa mereka mempunyai penyakit Diabetes atau tidak.


Pesan dari iklan ini, cegah lah Diabetes dari dini agar generasi kita dapat menikmati hidup tanpa adanya penyakit bawaan dari mereka lahir yang membuat  mereka tidak leluasa untuk menikmati hidup yang manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar